Senin, 12 Oktober 2015

Ayam Goreng ala KFC (Kampung Fried Chicken)

Ayam Goreng ala KFC (Kampung Fried Chicken)

 

Hai-hai readers!! High Five !!
Nulis judul postingan kali ini saya jadi geli sendiri.
Awalnya tergiur resep ayam goreng ala KFC nya Ibu Fatmah Bahalwan dari NCC (Natural Cooking Club), tapinya karena saya puasa ayam broiler, agak maksa saya pake ayam kampung, hahaha jadinya Kampung Fried Chicken deh, bisa masuk ke resto bintang lima nih namanya huehehe…
Ragu2 sih masak pakai ayam kampung, sampe berkeringat dan deg2an di dapur takut ga jadi, bingung mau makan apa kalo gagal *udah cape,  tapi lucky me, ayamnya jadi juga dan enak pula. gurihnya ayam kampung emang susah, ga ada yang nyamain, meskipun ga pake MSG, tetep berasa gurih. ^^
yang mao susah2 ngigitin ayam kampung yang dagingnya minim tapi lebih sehat *sesuai anjuran dokter mari dimari ngintip resep yang sudah saya sesuaikan dan ubah sedikit dibawah ini ^^,

RESEP AYAM GORENG ala KFC (Kampung Fried Chicken)

Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung , potong 8 ( berat kurleb 500-700 gr )
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdm chicken powder (saya pakai tepung bumbu serbaguna)
  • ½ sdt  merica
  • 1 liter air
Tepung Bumbu:
  • 500 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sdm tepung sagu (saya pakai tepung tapioka)
  • 3 gr soda kue
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt chicken powder (saya pakai tepung bumbu serbaguna)
  • 1/2 sdt merica
Bumbu celupan:
  • 1 btr putih telur
  • 1/2 sdm chicken powder (saya pakai tepung bumbu serbaguna)
  • 300 ml air
Cara membuatnya:
  • Taruh ayam dalam baskom, taburi bumbunya, sisihkan.
  •  Biarkan 15 menit hingga bumbu meresap. presto selama 20 menit atau masak dengan api kecil selama 45 menit 
  • Bumbu Celup : kocok putih telur hingga encer dengan garpu atau whisk, beri chicken powder, aduk rata, tuangi air. Sisihkan. 
  • Tepung bumbu : campur semua bahan menjadi satu, aduk rata. 
  • Penyelesaian : Ambil 1 potong ayam, gulingkan pada tepung bumbu sebentar, lalu celupkan dalam bumbu celupan sebentar saja, angkat dan gulingkan lagi dalam tepung bumbu sambil tepungnya dipadatkan pada ayam. Lakukan untuk semua ayam.
     Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan                                                                                                                                                                                                    
catatan : karena saya mau menggunakan seminim mungkin kaldu bubuk, maka chicken powder saya ganti dengan tepung bumbu serbaguna yang biasa dipakai untuk menggoreng instant.

Jujur saja, saya suka sekali dengan ayam goreng Kentucky yang dijual di outletnya, tapi karena menggunakan ayam buras aka negri aka broiler yang kandungan gizinya tidak baik untuk tubuh saya ( ayam buras mengandung banyak sekali hormon yang sempat membuat saya sulit hamil *menurut keterangan obgyn saya), maka saya jarang sekali mengkonsumsinya bahkan hampir stop hingga detik ini.
Beruntung dengan resep dari NCC *thankyouabunch NCC, saya bisa memodifikasinya sehingga di rumah bisa makan dengan tenang dan ga khawatir lagi.
Pelanggan tetap satu2nya dan paling loyal di rumah aka hubby ;p, ternyata ga merasa aneh dengan masakan ini, malah ngabisin hahaha…soalnya rasanya beti2 (beda tipis) lah dengan yang tinggal beli. sippp lahhhh semua senang semua kenyang…
sebagai gambaran kalo ayam broiler 1 ekor dengan berat sekitar 1 kg itu banyak banget…kalo ayam kampung dengan berat 500-700 gr itu dimakan beduwa udah abis dan rebutan lagi. ehehehe…
Terus, begitu udah abis, liatin si baby yang duduk di kursi Fisher Price nya ikut liatin kami makan, pikiran saya jadi melompat ke masa depan, ayam goreng ala KFC ini biasanya lakunya sama anak2. Jadi di masa depan saya mungkin butuh 2 ayam kampung yang gendut2 ( manaadayamkampunggendut ?!?) untuk memenuhi kebutuhan protein 2 pria yang saya cintai, yang badannya besar2 dan nafsu makannya jagoan ga ada yang nandingin ini. Ahhh…*senyum2 sendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar